Statistik

Dalam konteks yang mengharuskan mereka untuk memecahkan masalah atau situasi Model, siswa akan dapat:

menyelidiki pertanyaan dengan menggunakan siklus penyelidikan statistik (dengan dukungan), mengumpulkan, menampilkan, dan / atau mengidentifikasi persamaan dan perbedaan dalam data kategori
menggambarkan likelihoods hasil untuk situasi sederhana yang melibatkan kesempatan, menggunakan bahasa sehari-hari.
Contoh 1

Student reading graph.
Memberikan siswa dengan grafik.

Ini minggu readathon. Lima siswa membuat grafik ini untuk menunjukkan berapa banyak buku masing-masing berbunyi selama hari pertama. Setiap kali mereka selesai membaca buku, mereka menambahkan buku ke grafik.

Berapa banyak buku yang masing-masing siswa membaca di hari pertama?
Berapa banyak buku yang Aroha dibaca daripada Leilani?
Apakah anak-anak membaca buku lebih dari anak laki-laki?
Mahasiswa mampu untuk mengatakan berapa banyak buku masing-masing siswa membaca (misalnya, ‘Kate membaca 6 buku. Sione membaca 7.’).

Siswa menemukan perbedaan antara jumlah buku yang dibaca oleh Aroha dan Leilani dengan menghitung pada atau kembali (misalnya, ‘Aroha membaca 6 buku lebih dari Leilani. Aku hanya menghitung tambahan yang.’).

Untuk membandingkan jumlah buku yang dibaca oleh anak perempuan dan anak laki-laki, siswa perlu mengenali nama-nama yang ‘nama dan yang laki-laki’ perempuan. (Anda mungkin perlu untuk membantu.) Mereka menghitung total untuk kedua dan membandingkannya. Jika siswa menggunakan aditif berpikir daripada menghitung, mereka melebihi harapan (misalnya, ‘Anak-anak membaca 8 buku dan 7 buku. 8 + 7 = 15 karena 7 + 7 = 14’). Jika siswa menyadari bahwa perbandingan itu tidak representatif (atau adil) karena ada 3 anak perempuan dan anak laki-laki hanya 2, mereka melebihi harapan.

Mahasiswa harus mampu mengajukan pertanyaan perbandingan mereka sendiri tentang data, misalnya, ‘Berapa banyak buku yang dibaca daripada Oliver Kate?’

Contoh 2

Five cubes.
Biarkan siswa menonton saat Anda menempatkan 4 kubus biru dan 1 kubus kuning ke dalam kantong kertas.

Letakkan tangan Anda di dalam tas dan mengambil kubus, tapi jangan melihatnya.

Warna apa yang akan terjadi?

Siswa mengidentifikasi dua hasil yang mungkin. Jika mereka menghilangkan salah satu dari mereka (misalnya, “Ini akan menjadi biru karena ada lebih dari mereka ‘) atau mengidentifikasi suatu hasil yang tidak mungkin (misalnya,” Ini akan menjadi hijau karena itu adalah warna favorit saya’), mereka tidak memenuhi harapan.

Jika mahasiswa menyatakan bahwa mendapatkan sebuah kubus biru lebih mungkin dibandingkan sebuah kubus kuning karena ada batu lebih biru daripada batu kuning di kantong, mereka melebihi harapan.

%d bloggers like this: